Sabtu, 02 Februari 2013

Pendidikan Berkarakter Islami dan berwawasan Lingkungan


Pendidikan Berkarakter Islami Dan Berwawasan Lingkungan
Oleh : Brilian Setiawan
Pendidikan merupakan dimana seseorang memperoleh segala ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang lebih gemilang dimasa depan. Semakin modern pendidikan semakin maju. Baik dari fasilitas-fasilitas yang memadai dan modern telah disediakan. Banyak pula sekolah-sekolah yang mencetak bibit-bibit bangsa dimasa depan yang cerdas dan memiliki skill yang tinggi Tapi… Kenapa kriminalitas oleh remaja terus meningkat. Ketua Komisi Perlindungan Anak Aris Merdeka Sirait mengungkapkan, saat ini setidaknya terdapat sekitar 7.000 lebih anak yang mendekam dipenjara. Ada empat kasus yang kebanyakan melibatkan mereka, yaitu narkotika, pelecehan seksual, pencurian dan pembunuhan. Lalu berhasilkah pendidikan saat ini…? Harus diakui bahwa pendidikan yang ada lebih hanya sekedar transfer pengetahuan saja. Dan nihil aspek pembentukan kepribadian islami kalaupun pendidikan agama diajarkan, toh hanya dua jam/minggu dan hanya berupa transfer pengetahuan, tidak sampai menjadi pemahaman apalagi menjadikan pedoman sehari-hari. Karena itulah perlu untuk menciptakan pendidikan yang berkarakter islami yang menciptakan pemuda yang disabdakan oleh Rosul yaitu Ulil Albab yang artinya pemuda yang Ulama-ber Intelektual ataupun Intelektual yang ber-Ulama. Dan juga mengembangkan pendidikan yang berwawasan lingkungan yang dapat  membentuk khalifah yang mampu menjaga, merawat dan melestarikan tanah air ibu pertiwi. Sekaligus menjadikan para pemuda yang cinta tanah air yang membentuk jiwa nasionalisme dan patriotisme.
Maka dari itu, kehadiran para pemuda merupakan harapan untuk disiapkan dimasa yang akan datang. Ibnu Qoyyim Jauzi berkata berkata, “ Bila terlihat kerusakan pada diri anak, mayoritas penyebabnya adalah bersumber dari orangtua”. Para Ulama juga berkata : “Jika Masa depan ingin maju dan sejahtera maka ubahlah Sistem Pendidikan”. Maka dari itu kehadiran pemuda merupakan harapan untuk kita siapkan dimasa yang akan datang. Ini adalah kenyataan tidak bisa dipungkiri lagi. Oleh sebab itu, sudah seharusnya orang tua dan sekolah memberikan perhatian khusus dalam masalah pendidikan.  Sehingga dengan hal itu kelak akan menjadi generasi pengemban amanat yang handal dan bermoral.
Jadi, Keahlian orangtua dan sekolahlah factor penting dalam mendidik pemuda serta membentengi dari berbagai pengaruh yang dapat merugikannya adalah suatu hal yang sangat mutlak diperlukan, yang keduanya harus sama-sama saling koheren. Agar ia tumbuh menjadi pribadi yang berjiwa bersih, cerdas, mental yang kuat dan bermoral. Dan apalagi dimasa-masa sekarang dimana kecanggihan teknologi sedemikian pesatnya, yang tak kenal batas, dan berbagai macam tontonan yang menggelitik nafsu dan hiburan yang kian menggila memutar indera dan menjadikannya buta menuju zaman jahiliyah.
Oleh karena  itu semua menjadi ujian tersendiri yang menuntut orang tua dan sekolah untuk tetap tegar, lebih lihai dan bijak dalam menjaga, melindungi, membimbing dan mengarahkan putra-putri bangsa terhadap berbagai kebaikan, yang dapat menambah wawasannya, demi masa depan yang cerah, tanpa mengorbankan akhlaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar